APA ITU OEM & ODM




Anda tak familiar dengan perkataan “OEM & ODM" Apa beza dua nie ye? Haaaaaaa…mungkin masih ada yang tak pernah langsung dengar atau pernah dengar tapi still tak paham maksud OEM & ODM ni apa sebenarnya. Meh Sha nak share sikit ilmu nie :)

OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah suatu perusahaan atau organisasi yang merancang dan mwemproses produk (komponen ataupun barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukannya dan dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tersebut kemudian mengedarkan atas produk atau komponen tersebut. Spesifikasi yang dimaksud disini (OEM) adalah spesifikasi produk yang ditentukan oleh perusahaan OEM. Dengan kata lain, perusahaan OEM melakukan produksi produk atas nama perusahaan lain, setelah itu perusahaan pembeli memasarkan produk tersebut dibawah mereka sendiri. 
.
ODM (Original Design Manufacturer) adalah suatu perusahaan atau organisasi yang merancang dan membuat produksi produk (komponen ataupun barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli. Produk yang diproses tersebut kemudian dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tersebut memasarkan produk tersebut dibawah merek mereka sendiri.

Perbezaan OEM dan ODM

Perbezaan OEM dan ODM adalah spesifikasi produk dimana perusahaan OEM merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi perusahaannya sendiri sedangkan perusahaan ODM merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi yang ditentukan perusahaan pembelinya.
Kini, banyak perusahaan besar pemilik merek yang menggunakan jasa OEM dan ODM untuk memproduksi produk mereka sehingga mereka tidak perlu melabur modal yang besar dalam menyediakan kilang, mesin dan peralatan produksi serta tenaga kerja yang dilakukan untuk melakukan produksi. Dengan demikian, modal produksi menjadi lebih rendah dan dapat meningkatkan keuntungan serta meningkatkan daya saing perusahaan.
Itulah serba sedikit info tentang OEM & ODM untuk anda semua yang berminat nak jadi Founder produk. At least kena tahu apa beza dua nie ;)

Comments

Popular posts from this blog

APA MAKSUD LOGO-LOGO YANG TERDAPAT PADA PRODUK KECANTIKAN

KENALI 5 CARA MUDAH PRODUK TIMBANG KILO